Selasa

Gaya & Tipologi Memimpin

Pertama : Gaya Visioner :

Gaya ini terutama amat anda butuhkan ketika terjadi perubahan disekitar institusi anda , lalu mau tidak mau anda harus segera menentukan dan menemukan arah baru bagi institusi anda untukk dituju.

Gaya ini menuntut anda untuk dapat selalu menghubungkan orang orang anda dengan apa yang menjadi keinginan bersama anatara anda dan orang orang anda .Dengan gaya ini anda tidak akan kehilangngan efektifitas dan efisiensi , karena orang orang yang berkualitas yang bersama anda menemukan pekerjaan atau tidakan yang benar untuk dieksekusi dengan benar pula.

Kedua : Gaya Afiliatif :

Anda akan sadar bahwa orang orang anda tidak hanya memerlukan visi untuk memberi kejelasan bagi mereka dalam berbuat dan bertindak, tetapi mereka juga memerlukan suasana harmoni yang mesti terbangun ditengah tengah mereka .Disinilah anda memerlukan Gaya Afiliatif dalam memimpin

.Dengan gaya ini anda berusaha sekuat tenaga agar tercipta kedekatan secara emosional dan spiritual antar orang orang anda .Kondisi ini tentu amat diperlukan , sebab anda dan orang orang anda memerlukan suasana positif dalam internal institusi anda , pada saat harus berhadapan dengan beragam tugas , tantangan diluar institusi anda.

Suasana positif berupa hubungan personal yang hangat ditengah tengah institusi anda membuat anda dan orang orang anda memiliki spirit positif dan konstruktif untuk bekerja lebih produktif.

Ketiga :Gaya Pembimbing

Gaya ini amat anda butuhkan ketika anda menemukan fakta bahwa orang orang anda memiliki beragam keinginan yang perlu diselaraskan dengan keinginan atau visi institusi anda , sementara mereka sedang berada dalam kinerja yang tidak optimal .

Anda harus memahami bahwa jika keinginan keinginan mereka itu bisa diselaraskan dengan keinginan visi institusinya , lalu mereka disadarkan bahwa jika mereka dapat memperbaiki dan meningkatkan kinerjanya , mereka pada akhirnya bisa mendapatkan keinginannya setelah keinginan atau visi institusi tercapai berkat kontribusi kerja mereka dengan kinerja yang membaik dan meningkat.

Keempat : Gaya Demokratis

Bagaimanapun orang orang anda adalah pribadi dengan segenap potensi , keahlian dan pengalaman yang beragam serta lengkap. Dalam situasi normal seorang pemimpin akan menyadari bahwa kontribusi dan partisipasi dari orang orangnya amat dibutuhkan .Disini anda memerlukan jiwa demokrat ketika berada ditenga tengah mereka .

Kelima : Gaya Penumbuh Kecepatan

Biasanya gaya memimpin seperti ini diterapkan oleh pemimpin yang memiliki tim kerja yang memiliki kompetensi dan semangat berprestasi yang begitu tinggi.Jadi kapanpun dan dalam situasi apapun , sang pemimpin bisa mengandalakan tim ini untuk menambah kecepatannya dalam bekerja untuk mendapatkan hasil hasil yang amat berkualitas

Keeenam : Gaya Memerintah

Ada suatu situasi dimana seorang harus memimpin dengan otoriter dan full power dalam memerintah orang orangnya.Situasi itu adalah ketika insitusi berada dalam situasi krisis , dan perlu membangkitkan perubahan arah pada orang orangnya yang bermasalah . Dalam situasi seperti pemimpin sepenuhnya dapat menangkap dan memahami sumbermasalah institusinya tanpa perlu lebih dahulu memperlihatkan sikap demokratis dalam menggali masalah yang dihadapi institusinya , karena memang masalahnya mudah dekenali sebagai masalah bersama , dan sangat mustahil ada perbedaan persepsi terhadap masalah itu .Setelah itu sang pemimpin segera memulai menyelesaikan masalah institusinya.Bahkan lebih lanjut segera membawa institusinya kearah yang dikehendaki , walaupun dalam situasi sulit

Gaya memimpin mana yang anda pakai amat berpengaruh pada iklim dan motivasi kerja orang orang anda. Yang penting harus disadari bahwa setiap gaya memimpin diatas amat situasional, artinya dalam situasi dan kondisi tertentu anda membutuhkan memakai gaya memimpin tertentu
Jangan lupa di like Gan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik here and you will pay

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
UA-86117584-1