Rabu

Cerita Tentang 'Istri-Istri' Kita....

Dahulu kala...
Ada seorang raja yang mempunyai 4 isteri.

Raja ini sangat mencintai isteri keempatnya
dan selalu menghadiahkannya pakaian-pakaian
yang mahal dan memberinya makanan yang
paling enak. Hanya yang terbaik yang akan
diberikan kepada sang isteri.

Dia juga sangat memuja isteri ketiganya dan
selalu memamerkannya ke pejabat-pejabat
kerajaan tetangga. Itu karena dia takut suatu
saat nanti, isteri ketiganya ini akan
meninggalkannya.

Sang raja juga menyayangi isteri keduanya.
Karena isterinya yang satu ini merupakan
tempat curahan hatinya, yang akan selalu ramah,
peduli dan sabar terhadapnya. Pada saat sang
raja menghadapi suatu masalah, dia akan
mengungkapkan isi hatinya hanya pada isteri
ketiga karena dia bisa membantunya melalui
masa-masa sulit itu.

Isteri pertama raja adalah pasangan yang sangat
setia dan telah memberikan kontribusi yang besar
dalam pemeliharaan kekayaannya maupun untuk
kerajaannya. Akan tetapi, si raja tidak peduli
terhadap isteri pertamanya ini meskipun sang
isteri begitu mencintainya, tetap saja sulit bagi
sang raja untuk memperhatikan isterinya itu.

Hingga suatu hari, sang raja jatuh sakit dan dia
sadar bahwa kematiannya sudah dekat.

Sambil merenungi kehidupannya yang sangat
mewah itu, sang raja lalu berpikir, "Saat ini
aku memiliki 4 isteri disampingku, tapi ketika aku
pergi, mungkin aku akan sendiri".

Lalu, bertanyalah ia pada isteri keempatnya,
"Sampai saat ini, aku paling mencintaimu,
aku sudah menghadiahkanmu pakaian-pakaian
yang paling indah dan memberi perhatian
yang sangat besar hanya untukmu.

Sekarang aku sekarat, apakah kau akan
mengikuti dan tetap menemaniku?"

"Tidak akan!" balas si isteri keempat itu,
ia pun pergi tanpa mengatakan apapun lagi.

Jawaban isterinya itu bagaikan pisau yang
begitu tepat menusuk jantungnya.

Raja yang sedih itu kemudian berkata pada
isteri ketiganya, "Aku sangat memujamu dengan
seluruh jiwaku. Sekarang aku sekarat,
apakah kau tetap mengikuti dan selalu bersamaku?"

"Tidak!" sahut sang isteri. "Hidup ini begitu indah!
Saat kau meninggal, akupun akan menikah kembali!"

Perasaan sang rajapun hampa dan membeku.

Beberapa saat kemudian, sang raja bertanya
pada isteri keduanya, "Selama ini, bila aku
membutuhkanmu, kau selalu ada untukku.
Jika nanti aku meninggal, apakah kau akan
mengikuti dan terus disampingku?"

"Maafkan aku, untuk kali ini aku tidak bisa
memenuhi permintaaanmu!" jawab isteri keduanya.
"Yang bisa aku lakukan, hanyalah ikut
menemanimu menuju pemakamanmu."

Lagi-lagi, jawaban si isteri bagaikan petir
yang menyambar dan menghancurkan hatinya.

Tiba-tiba, sebuah suara berkata:
"Aku akan bersamamu dan menemanimu
kemanapun kau pergi."

Sang raja menolehkan kepalanya mencari-cari
siapa yang berbicara dan terlihatlah olehnya
isteri pertamanya. Dia kelihatan begitu kurus,
seperti menderita kekurangan gizi.

Dengan penyesalan yang sangat mendalam
kesedihan yang amat sangat, sang raja berkata
sendu, "Seharusnya aku lebih memperhatikanmu
saat aku masih punya banyak kesempatan!"

Dalam realitanya, sesungguhnya kita semua
mempunyai '4 isteri' dalam hidup kita....

'Isteri keempat' kita adalah tubuh kita.
Tidak peduli berapa banyak waktu dan usaha
yang kita habiskan untuk membuatnya terlihat
bagus, tetap saja dia akan meninggalkan kita
saat kita meninggal.

Kemudian 'Isteri ketiga' kita adalah ambisi,
kedudukan dan kekayaan kita. Saat kita meninggal,
semua itu pasti akan jatuh ke tangan orang lain.

Sedangkan 'isteri kedua' kita adalah keluarga dan
teman-teman kita. Tak peduli berapa lama waktu
yang sudah dihabiskan bersama kita, tetap saja
mereka hanya bisa menemani dan mengiringi kita
hingga ke pemakaman.

Dan akhirnya 'isteri pertama' kita adalah jiwa,
roh, iman kita, yang sering terabaikan karena
sibuk memburu kekayaan, kekuasaan, dan
kepuasan nafsu. Padahal, jiwa, roh, atau iman
inilah yang akan mengikuti kita kemanapun kita pergi.

Jadi perhatikan, tanamkan dan simpan baik-baik
dalam hatimu sekarang! Hanya inilah hal terbaik
yang bisa kau tunjukkan pada dunia.
__________________
Jangan lupa di like Gan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik here and you will pay

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.
UA-86117584-1